Jumat, 13 Desember 2013

TUGAS KKPI TINGKAT 4 (ATP)


PT. Known-You Seed Indonesia

Selayang Pandang
PT. Known-You Seed Indonesia, berdiri pada 22 Juli tahun 2008 adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertanian, utamanya dalam memproduksi benih F1, yakni benih sayur-sayuran dan buah-buahan, perusahaan ini sendiri merupakan anak cabang dari PT. Known-you Seed Taiwan. Untuk lokasi perusahaan yang ada di Indonesia, terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya Jl. Mayjen Bambang Sugeng Km 6, Wonosobo.
1.Komoditas perusahaan.
Seperti yang telah dipaparkan tadi, PT. Known-You Seed Indonesia, bergerak dalam bidang pembenihan, cara pengelolaannya dilakukan dengan Polinasi. Polinasi itu sendiri merupakan proses penempelan serbuk sari ke kepala putik, melalui Polinasilah benih yang didapat mempunyai keturunan F1 atau sama seperti induknya. Beberapa macam komoditas tanaman yang diperbanyak melalui polinasi oleh perusahaan perbenihan yang terletak di  Farm Wonosobo yaitu Timun, Kacang panjang, Tomat,  dan Melon.
2.Penanganan Quality Control
Penanganan QC yang ada di PT. Known-You Seed Indonesia, meliputi:
1.Pengambilan Sampel
2.Pengujian Kadar Air
3.Pengujian Kemurnian Benih (Purity)
4.Pengujian Daya Kecambah
5.Pengujian Daya Tumbuh

3.Penanganan Limbah
  
Limbah yang dihasilkan perusahaan terdiri dari 2 macam yakni:
1.      Limbah Cair
. limbah cair domestik
. limbah cair dari kegiatan pencucian
. limbah peralatan produksi dan utilitas lainnya
2.      Limbah Padat
. sisa kemasan pestisida
. sampah domestik karyawan atau tenaga kerja lainnya
. sisa-sisa kegiatan produksi, seperti kulit buah dll.

Untuk penanganan limbah perusahaan di  PT Known-You Seed Indonesia  dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan limbah yang dihasilkan. Untuk limbah cair seperti hasil pencucian biji, biasanya langsung dibuang ke selokan karena masih tergolong aman untuk lingkungan, sementara untuk limbah cair lain yang berbahaya, dikumpulkan pada tempat tertentu untuk diolah kembali sehingga ketika dibuang atau dimanfaatkan kembali aman untuk lingkungan. Sementara untuk limbah padat bongkaran lahan seperti mulza, tanaman mati, kemasan pestisida, dikumpulkan kemudian dibakar. Dalam perusahaan juga banyak botol plastic pestisida atau air mineral yang sudah tidak terpakai. Penanganan limbah – limbah tersebut biasanya dimanfaatkan untuk alat-alat pendukukng kegiatan penyiraman atau aplikasi pupuk, yakni dengan cara botol dipotong dengan ukuran tertentu, seta ada juga yang dimanfaatkan  untuk perangkap lalat dengan diolesi gramor dan diletakkan diantara tanaman.

Setiap tahunya pada bulan Juni/Juli, perusahaan meminta bantuan dari Lab Kesehatan Semarang untuk melakukan uji Air, Udara, Bakteri, setelah pengujian dilakukan, maka akan didapatkan hasil, antinya dari pihak laboratorium akan membrikan feed back ke perusahaan untuk ditindak  lanjuti, dan melapor pada instansi terkait, dalam hal ini adalah Badan Lingkungan Hidup.

4.HRD dan Standar Pegawai Perusahaan

Tenaga kerja yang saat ini ada di PT. Known-You Seed Indonesia adalah sebagai berikut:
Jumlah tenaga kerja,Karyawan = 20 orang, 2 tenaga kerja asing(Direct & Tenaga Ahli Quality Control), serta 27 tenaga harian. Tingkat pendidikan yang ada adalah dari berbagai bidang disiplin ilmu. Namun untuk karyawan mempunyai standar tersendiri yakni minimal lulusan SMA atau sederajat, dan untuk bidang produksi adalah mereka-mereka yang bergerak dan paham dalam bidang pertanian.

5. Produk yang dihasikan PT.KNOWN -YOU SEED INDONESIA dan Sasaran    Pemakai
Produk yag dihasilkan berupa benih F1, namun produk benih yang diutamakan adalah benih timun.
Produk  benih lain yang dihasilkan di PT. Known -You Seed Indonesia antara lain:
• Benih Pepaya
• Benih Lobak
• Benih Melon
• Benih Labu
• Benih Tomat
• Benih Bayam, dll
Benih tersebut telah di produksi dan merupakan keturunan nomer 1 ( F1) yang telah di seleksi dan kemudian di kemas secara rapi dan siap untuk di pasarkan.
Benih-benih tersebut di pasarkan di beberapa Kota besar di Jawa seperti:
 Wonosobo,Semarang,DIY,Jakarta,Bandung,Surabaya
Luar Jawa seperti Bali ,Sumatra,Kalimantan,Sulawesi serta ada yang di eksport ke luar negeri yaitu Singapura ,Malaysia,Taiwan,Tailand dan Filiphina. Perusahaan juga masih mendatangkan benih jantan khusus dari Taiwan yang nantinya di gunakan sebagai bahan untuk induk jantan dimana bunganya digunakan untuk proses penyerbukan ke kepala putik induk betina sehingga menghasilkan benih F1. Utamnya sendiri untuk konsumen lokal adalah toko-toko pertanian, yang antinya akan menjual benih ke para pembeli.
6.SISTEM PEMASARAN
Sisten pemasaran yang diterapkan di PT. KNOWN -YOU SEED INDONESIA  dibagi menjadi 2:
1.Sistem Online (Service Center)
Untuk pemesanan diluar daerah Jawa Tengah pemesanan dapat dilakukan  melalui system online internet, lewat website “Knownyouseedindonesia.wordpress.com” atau biasanya diarahkan langsung di service center yang tersebar di seluruh Indonesia bagian barat. Seperi di Jawa Barat (Bandung), Jawa Timur (Surabaya), Sumatra(Medan) dan masih banyak lagi. Setelah melakukan pemesanan barang, dilakukan  pembayaran sesuai jumlah barang yang dipesan dan harus sudah lunas. Pengiriman barang dilakukan melalui jasa pengiriman barang tertentu yang sudah menjalin kerja sama.
2. Sistem Tenaga Marketing
Sistem pemasaran ini biasanya disalurkan ke toko-toko khusus yang sudah bekerja sama dengan  PT. KNOWN- YOU SEED  yang dibantu tenaga marketing. Untuk system tenaga marketing hanyalah ada didaerah jawa tengah saja, konsumen(bukan dari toko) tidak bisa langsung membeli produk  di perusahaan, biasanya pihak perusahaan akan mengarahkan ke toko-toko  penjualan produk benih PT KNOWN YOU SEED terdekat dengan daerah pembeli jumlah teknisi didaerah Jawa Tengah dan DIY ,berikut pembagian wilayah pemasaran didaerah Jawa Tengah dan DIY :
Kode CJC I     = Semarang, Batang, Pekalongan
Kode CJC II   = Wonosobo, Temanggung
Kode CJC III  =Magelang, Ambarawa
Kode CJC IV  =Kebumen, Purworejo, Jogja, Klaten
Kode CJE I     =Jepara, Demak, Kudus
Kode CJE II   =Rembang, Blora, Grobogan
Kode CJE III  =Sragen, Karanganyar, Solo
Kode CJW I    =Brebes, Tegal ,Pemalang
Kode CJW II  =Banyumas, Cilacap, Purbalingga
Tetapi untuk saat ini diberlakukan siste 2 basecamp yang berada di Magelang dan Jogja. Setiap 1 basecamp membawai 6 sampai 7 orang dan untuk pembagian wilayah masing-masing, mengacu pada pembagian wilayah diatas.  
sumber:
www.fatkhulbaroroh.com
pemberian materi dari perusahaan oleh ibu Ester
                                                                                                 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar